Teaching Ideas: English Names

10:27 PM

Salah satu pekerjaan sekaligus pekerjaan favoritku adalah jadi guru les privat bahasa Inggris. Sekarang ini aku punya lima murid, 2 anak SD, 2 anak SMP, dan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya. Setiap kali ngajar, aku selalu berusaha supaya mereka bisa have fun, because i believe that learning must be fun. Jadi, aku selalu menyediakan waktu khusus untuk mendesain lesson plan yang unik untuk setiap murid. Di blog ini, aku mau sharing tentang ide - ideku dalam mengajar. Semoga bermanfaat yah :)

Hmm, waktu pertama kali mengajar Bagas dan Bim Bim, aku bawa sederet nama dalam bahasa Inggris. Gampang kok, tinggal search di google " BABY NAMES" pasti akan ada banyak deretan nama yang kebarat - baratan, seperti Ethan, Liam, Noah, John, Oliver, Jacob, Edward, Jasper, Carlisle (Oopps, kok jadi nama pemain twilight ya?hehehe).

Kemudian, aku minta muridku untuk memilih satu nama yang menurut mereka keren. Bagas memilih nama Ben, dan Bim Bim memilih nama John. Sedangkan, aku memilih nama Amy ( terinspirasi sama nama sahabatku di John Bapst dulu). Sejak saat itu, khusus waktu les dan waktu ketemu di rumah, kami akan memanggil nama inggris, dan bukan nama Indonesia. Hehehe. Terus aku bilang ke mereka, " So, you have an english name now ^.^. What language does the British speak?" Mereka jawab " English" .. Great! hehehe, so whenever you use your english name, please speak in English.

Ide ini aku dapat karena terinspirasi dengan kelas bahasa Spanyolku di John Bapst ( SMA ku dulu). Sra. Hudson menyuruh kami memilih nama spanyol dan di kelas kami saling menyapa dengan nama spanyol.Nama spanyolku Ana ( mirip ya sama Hana :P) Aku milih nama ini karena teringat sama telenovela remaja Mariana dan Sylvana. Mariana nih panggilannya Ana. Aku ngefans banget sama tokoh ini, karena dia baik, pinter nyanyi dan rendah hati hehehe.

Alhasil, karena ada nama ini, setiap kali di kelas aku berperan sebagai Ana, spanish speaking person. Aku berusaha supaya bisa ngomong bahasa spanyol sebagai seorang Ana.

 Ternyata hal yang sama juga dirasain sama Bagas dan Bim Bim. Nama - nama ini unik buat mereka. Mereka  jadi terbiasa memanggil aku dengan Miss Amy, dan bukan Mbak Hana. Selain itu, mereka juga jadi lebih semangat dan lebih fun untuk menambah kosakata bahasa inggris. Aktivitas memilih nama dalam bahasa Inggris ini cocok banget untuk dipake pada awal pertemuan kursus. Kita bisa bangun rapport lebih baik ketika memilih nama Inggris sama - sama, dan mereka jadi semakin semangat .

Good luck ^>^

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images