Riasan Sempurna dengan Pilihan Highlight Tepat

7:25 AM

KOMPAS.com - Make-up mampu mengubah penampilan menjadi tak biasa. Memilih dan menggunakan make-up yang tepat membuat riasan lebih sempurna. Hasilnya, wajah lebih menarik dilihat dan membuat Anda tampil lebih percaya diri. 

Highlight menjadi salah satu trik yang bisa memberikan tampilan berbeda untuk menonjolkan atau menegaskan riasan. Tujuannya tergantung kebutuhan Anda. Apakah untuk menonjolkan bagian tulang pipi, hidung, atau mata yang dirasa kurang sempurna. 
Jangan asal memilih highlight. Jika Anda tak begitu memahami teknik yang tepat atau pemilihan warna yang sesuai, sebaiknya cari referensi atau tanyakan kepada make-up artist di gerai kosmetik langganan Anda. Simak cara memilih highlight make-up yang tepat berikut ini:

1. Cari tahu mengapa Anda membutuhkan highlightdan bagaimana cara menggunakannya
Jangan asal ikut-ikutan, atau sekadar membelihighlight karena sedang ada diskon besar. Kenali dulu wajah Anda, apakah memang membutuhkan highlight untuk make-up? Jika pun memang membutuhkannya untuk "mengakali" bagian yang kurang dari wajah Anda, cari tahu teknik menggunakannya. Terlalu banyak produk kosmetik di pasaran. Jika tak mengenali kebutuhan yang sebenarnya, Anda bisa salah memilih produk. 

2. Kenali wajah Anda
Perhatikan lebih detil wajah Anda saat bercermin. Bagian mana yang menurut Anda harus ditonjolkan dan belilah produk kosmetik yang tepat sesuai kebutuhan. Agar tak lupa, apalagi setelah melihat banyak produk kosmetik di gerainya, sebaiknya catat saja kebutuhan make-up Anda. Termasuk bagian mana dari wajah yang ingin ditonjolkan dengan highlight agar lebih menarik. 

3. Highlight pada area mata
Untuk menonjolkan bagian mata, pilihlah highlight berwarna krem. Fungsinya untuk menonjolkan tekstur dan warna kulit. Terdapat dua jenis highlight yang tepat untuk area sekitar mata, yang berbentuk pensil atau bedak.Pilih yang lebih nyaman untuk Anda gunakan.

Jangan menggunakan highlight yang bertekstur tebal atau gel karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kelopak mata tak nyaman. Prinsipnya, pilih highlight untuk area mata yang tidak merusak area sensitif di sekitarnya. 

4. Highlight untuk tulang pipi
Pilihlah warna yang cerah, cenderung terang namun agak pucat. Highlight berwarna pink pucat ataupeach bisa menonjolkan tulang pipi. Tentu saja, pemilihan warna highlight juga disesuaikan dengan warna dan tekstur kulit. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih jenis highlight berupa bedak. Sedangkan untuk kulit kering, disarankan menggunakan tipe highlight berupa krim. Pilih jenis highlight yang tidak mencolok. Kegunaan make-up dengan highlight untuk menutupi kekurangan wajah dengan menonjolkan bagian tertentu bukan? Jadi jangan lantas membuat bagian yang kurang tersebut menjadi lebih menonjol karena keliru memilih jenis dan warna highlight.

5. Highlight untuk hidung
Banyak pilihan highlight untuk menyamarkan bentuk hidung. Jika hidung ingin terlihat lebih mancung,  gunakan highlight jenis pensil. Jika ingin menajamkan atau membuat lebih tirus gunakan jenis highlightdari bedak. Agar hidung lebih berbentuk gunakan highlight berjenis krim.

6. Bibir pun bisa di highlight
Gunakan saja lip gloss, lipstik berwarna terang atau lip liner untuk menonjolkan bibir Anda.

Sumber: Harian Kompas
Penuliszz; Wardah Fazriyati

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images