Speak Out: Cara mengentaskan kemiskinan di Indonesia part 3

8:47 AM

3. Membangun infrastruktur dan mewujudkan stabilitas negara
Indonesia adalah salah satu negara yang sangat diminati investor asing. Dalam sebuah berita, Ibu Marie elka pangestu bercerita bahwa ia gak bisa "istirahat" dalam sebuah pertemuan ekonomi internasional. Ia ditarik kesana kemari dan diajak berbicang - bincang tentang masalah investasi asing ke Indonesia.  Hebat bukan, negara ini? Kalau investor asing masuk, kita bisa menyerap banyak sekali pengangguran. Selain itu, kita bisa alih teknologi, dan menjadi lebih maju. Tapi tetap harus dibatasi ya, jangan sampai investor asing turut merambah sektor vital negara.

Namun sayangnya, investor asing mikir dua kali dan sering membandingkan kita dengan vietnam kalau mau invest di Indo. Semua itu negara kita ini tidak stabil >.<. Tidak stabil plus infrastrukturnya kurang sekali >.< Menurut pengalamanku bekerja dengan investor asing, mereka pusing dengan kondisi Indonesia yang serba tidak teratur. Jalanan rusak, macet dan kurangnya fasilitas umum. Kalau mau mengurus ijin itu, pengacara Indonesia lambat dan minta tambahan uang untuk melicinkan jalan. Oh No!
..Trio kekuatan PMA (penanaman modal asing), PMDN (penanaman modal dalam negeri), dan UKM ( Usaha kecil menengah) bila dikembangkan dengan baik akan meningkatkan GDP negara. Kalau GDP naik, maka pendapatan perkapita meningkat. Bila pendapatan ini terdistribusi dengan baik, Yaaayy, makmurlah Indonesia.


4. Investasi jangka panjang: Mewujudkan pendidikan yang baik
Guru favoritku, pak Hasan pernah bilang. Perangi kebodohan! Hehehe karena kebodohan membuat orang menjadi miskin. Kita sudah memasuki era globalisasi dimana lapangan kerja terbuka luas. Kita bisa kerja di luar negeri, dan orang luar negeri bisa kerja di Indonesia. Fun? Yes. tapi konsekuensinya, saingan kita bukan lagi orang negeri sendiri, tapi orang asing juga. Mampukah kita menyaingi mereka? Nah, pendidikan adalah kunci untuk menyiapkan anak - anak bangsa untuk bersaing di era globalisasi. Memperlengkapi anak bangsa dengan iman, tujuan hidup, skill, pengetahuan dan karakter yang baik adalah poin - poin yang harus diperjuangkan dalam pendidikan masa kini :).

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images